expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 07 April 2013

Langkah Selanjutnya Untuk Persiapan Budidaya Cabai dengan Mempersiapkan lahan Penanaman

            Jika lokasi penanaman telah ditetapkan,langakh selanjutnya adalah persiapan lahan harus didahulukan sebelum penyiapan benih atau pembibitan agar agar tanah bennar-benar matang dan siap ditanami.Sebaliknya,jika pembibitan didahulukan,penyiapan lahan akan terburu-buru sehingga lahan belum matang benar.Akibatnya adalah bibit terlanjur tua karena terlambat ditanam dilahan.Apabila bibit terlambat dipindah tanamankan (terlanjur tua),pertumbuhan kurang optimal dan produksinya menurun (rendah).Bibit cabai hibrida umumnya siap dipindah tanamkan dari persemaian kelahan(kebun atau pot) pada umur 17-23 hari setelah semai (HST) atau bibit telah berdaun 4-6 helai.

1.     Persiapan lahan dikebun
            Persiapan lahan dikebun dilakukan dengan cara pengolahan tanah.Tahap-tahap pengolahan tanah dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a)     Lahan dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa tanaman atau perakaran dari pertanaman sebelumnya.Selain itu,batu-batu sisa bangunan,kaleng,plastik,dan sampah lain harus dibersihkan dari areal penanaman.
b)    Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30-40 cm,lalu dibentuk bedengan-bedengan selebar 110-120 cm,tinggi 40-50 cm,dan lebar parit 60-70 cm.Khusus pada tanah yang banyak mengandung air(mudah becek),sebaiknya dibuat parit sedalam 60-70 cm.Adapun panjang bedengan,tergantung dari luasan lahan yang ada dan kemampuan tenaga kerja untuk memeliharanya.
c)     Disekeliling lahan kebun cabai dibuat parit keliling dengan lebar 70 cm dan kedalaman 70 cm.
d)    Setelah bedengan terbentuk,bedengan dipupuk dengan pupuk kandang (kotoran ayam,kotoran domba,kotoran kambing,kotoran sapi,atau kompos)yang telah matang sebanyak 1,0-1,5 kg/tanaman
e)     Pada tanah yang pHnya rendah(asam),bersamaan diberi pupuk kandang dan pengapuran sebanyak 100-125 g/tanaman.Jika populasi cabai hibrida 18.000-20.000 tanaman dengan jarak tanam 60 cm x 70 cm,diperlukan pupuk kandang 20-30 ton/ha dan kapur pertanian 1,8-2,0 ton/ha.
f)      Pupuk kandang dan kapur pertanian diaduk dengan tanah bedengan secara merata sambil dibalik.Bedengan dibiarkan selama 1-2 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar