expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 14 April 2013

PERSIAPAN BENIH BUDIDAYA JAGUNG






A.Memilih benih
                Benih jagung hibrida dibuat dengan menyilangkan biji galur murni(FO)dari dua induk yang sudah diseleksi sifat unggulnya.Pembuatan benih jagung hibrida dilakukan di laboratorium dengan alat dan tenaga ahli yang berpengalaman.Oleh karena itu,tidak sembarangan orang bisa membuat benih jagung hibrida.Sebelum dijual,benih jagung hibrida diberi sertifikat yang menandakan sudah memenuhi semua persyaratan,baik syarat tanam,sifat unggul,maupun keasliannya.
                Keunggulan tanaman jagung yang berasal dari benih hibrida antara lain tahan serangan hama dan penyakit,lebih cepat panen,produksi tinggi serta toleran terhadap berbagai jenis dan ketinggian lahan.Sementara itu,klemahannya adalah biji buah tidak dapat dijadikan benih lagi karena sifat unggul induknya sudah menghilang.Selain itu,lahan tanam jagung hibrida harus dipisahkan,minimal sejauh 200 m dari lahan tanam jagung varietas lain agar tidak terjadi perkawinan selang.Apabila Perkawinan ini terjadi,buah yang muncul akan mengalami keleinan genetik,sehingga sifat unggul dari induknya juga menghilang.
                Berikut ini beberapa varietas benih jagung hibrida yang beredar dipasaran.
1. Jagung Hibrida Pioneer-1
                Jagung ini dipanen saat berumur 100 hari.warna bijinya kuning kemerahan.Cocok ditanam dilahan dengan ketinggian 0-500 meter diatas permukaan laut(dpl).Produksi panen mencapai 5,6 ton pipilan kering/hektar.
2. Jagung Hibrida Pioneer-2
                Jagung ini dipanen saat berumur 100 hari.Warna bijinya kuning kemerahan berbentuk semi mutiara.Cocok ditanam dilahan dengan ketinggian 0-100 meter dpl.Produksi panen mencapai 6,3 ton pipilan kering/hektar.Keunggulan jagung ini adalah tahan terhadap penyakit bulai.
3. Jagung Hibrida Pioneer-4
                Jagung ini dipanen saat berumur 100 hari.Warna biji kuning kemerahan.Cocok ditanam dilahan dengan ketinggian 0-500 meter dpl.Produksi panen mencapai 9-11 ton pipilan kering/hektar.Keunggulan jagung ini adalah tahan terhadap penyakit karat daun dan downy mildew.
4. Jagung Hibrida C-1
                Jagung ini dipanen saat berumur 95-100 hari.Warna bijinya kuning kemerahan.Cocok ditanam dilahan dengan ketinggian 0-500 meter dpl.Bisa juga ditanam didataran yang lebih tinggi lagi,tetapi masa panennya lebih lama.Produksi panen mencapai 5,8-6,3 pipilan kering/hektar.Keunggulan jagung ini tahan terhadap penyakit karat daun dan downy mildew.
5. Jagung Hibrida semar-1
                Jagung ini dipanen saat berumur 100 hari.Warna bijinya kuning.Cocok ditanam dilahan dengan ketinggian 0-1000 meter dpl.Produksi panen mencapai 5-6,5 ton pipilan kering/hektar.Keunggulan jagung ini tahan terhadap penyakit bulai.


B.Menhitung kebutuhan benih

                Setelah menentukan jenis dan varietas jagung hibrida yang akan ditanam dengan mempertimbangkan spesifikasi dan keunggulannya,langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan benih yang ditanam harus disesuaikan dengan luas lahantanam agar tidak timbul permasalahan kekurangan atau kelebihan benih.Kebutuhan benih dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.
͟͟͟͟͟͟L͟u͟as͟ la͟h͟a͟n­­                                           X       ͟͟͟͟͟B͟e͟ra͟t͟ b͟e͟n͟ih͟ t͟ia͟p͟ s͟e͟r͟ib͟u͟ b͟u͟tir͟       X jumlah benih/lubang
Perkalian jarak tanam                                    1000                                                      

                Hasil dari perhitungan rumus tersebut kemudian dikalkulasikan dengan daya tumbuh benih jagung hibrida yang menurut hasil pengujian laboratorium benih jagung mencapai 80%.

Share It

Google+ Badge

Google+ Followers